Kullanım Kılavuzu
Neden sadece 3 sonuç görüntüleyebiliyorum?
Sadece üye olan kurumların ağından bağlandığınız da tüm sonuçları görüntüleyebilirsiniz. Üye olmayan kurumlar için kurum yetkililerinin başvurması durumunda 1 aylık ücretsiz deneme sürümü açmaktayız.
Benim olmayan çok sonuç geliyor?
Birçok kaynakça da atıflar "Soyad, İ" olarak gösterildiği için özellikle Soyad ve isminin baş harfi aynı olan akademisyenlerin atıfları zaman zaman karışabilmektedir. Bu sorun tüm dünyadaki atıf dizinlerinin sıkça karşılaştığı bir sorundur.
Sadece ilgili makaleme yapılan atıfları nasıl görebilirim?
Makalenizin ismini arattıktan sonra detaylar kısmına bastığınız anda seçtiğiniz makaleye yapılan atıfları görebilirsiniz.
 Görüntüleme 15
Redesign Kerangka Box Body Mobil Pickup Multiguna Pedesaan Berbasis Metode Elemen Hingga
2019
Dergi:  
Jurnal Teknik ITS
Yazar:  
Özet:

Mobil pickup multiguna pedesaan adalah sebuah mobil pickup yang digabungkan dengan box yang dapat dilepas atau pasang sesuai kebutuhan. Penggunaan box khususnya untuk kegiatan berniaga kurang maksimal, dengan ruang yang tidak terlalu besar membuat penjual membatasi barang yang akan dijajakan, sehingga perlu adanya redesign agar lebih fungsional untuk kegiatan berniaga. Selain itu massa total box yang masih dapat dikurangi dengan pemilihan material yang lebih ringan seperti polycarbonathe. Untuk melakukan redesign box mobil ini, pertama merancang box body dengan menggunakan software solid modeling. Selanjutnya adalah perhitungan beban yang meliputi beban akselerasi, pengereman dan belok. Simulasi dengan metode elemen hingga menggunakan software ANSYS 19.1 dilakukan kemudian. Pengujian ini diakhiri dengan memperoleh data hasil simulasi berupa tegangan von Mises, deformasi total dan safety factor, kemudian mengevaluasi hasil yang diperoleh. Hasil simulasi didapatkan penurunan massa box sebesar 8,65%. Saat mobil pickup multiguna pedesaan mengalami efek percepatan pada lintasan datar diperoleh nilai von Mises stress maksimum yang terjadi sebesar 87,346 MPa, nilai total deformation maksimum sebesar 5,35 mm dengan safety factor 3,034. Sebaliknya saat pengereman nilai von Mises stress maksimum yang terjadi sebesar 81,671 MPa, nilai total deformation maksimum sebesar 5,56 mm dengan safety factor 7,02. Saat melewati lintasan belok nilai von Mises stress maksimum yang terjadi sebesar 26,04 Mpa, nilai total deformation maksimum sebesar 1,63 mm dengan safety factor 3,28. Dari analisis dan verifikasi hasil uji terhadap persyaratan desain, box body memenuhi kelayakan keamanan.

Anahtar Kelimeler:

0
2019
Yazar:  
Atıf Yapanlar
Bilgi: Bu yayına herhangi bir atıf yapılmamıştır.
Benzer Makaleler












Jurnal Teknik ITS

Dergi Türü :   Uluslararası

Metrikler
Makale : 1.102
Atıf : 1
Jurnal Teknik ITS